Senin, 31 Oktober 2016

Makan Jamur yuk..


Dear para tukang masak...

Nah, seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya.. menu sayuran ini , cenderung menu dadakan, alias tanpa rencana. Pada awalnya, jamur tiram yang saya beli, akan diperuntukan sebagai 'subal'  pada mie ayam buatan saya,.. Apa daya rupanya mie telur khusus mie ayam yang saya pesan, tidak tersedia di warung sayur langganan..

Oh well.. yo wis.. akhirnya banting setir, buka kulkas.. dan mendapati 6 batang jagung putren , 2 batang daun bawang dan sedikit daging cincang (yang awalnya akan dijadikan saus bolognaise)...

Anyway, to cut the story short.. di bawah ini, adalah resep tumisan ala saya yang gampang pake banget..

Tumis Jamur Tiram

Bahan-bahan :

250 gr jamur tiram, potong bonggol - sobek-sobek
6 buah jagung putren - iris miring
2 batang daun bawang - iris kasar
50 gr daging cincang
3 siung bawang merah - iris tipis
2 siung bawang putih, keprek dan cincang
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam alami (saya pakai kaldu a'la Nie - yang emang enak banget)
1/4 sdt lada
1 sdt gula
1 sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt minyak wijen (opsional)

Cara membuatnya :

1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan daging cincang -saute
3. Masukkan jagung putren dan saus tiram - terus diaduk hingga rata
4. Masukkan jamur dan daun bawang, Tidak perlu ada tambahan air, karena jamur itu sendiri akan mengeluarkan air .
5. Masukkan garam, gula dan lada..
6. Untuk mengentalkan, bisa tambahkan 1 sdt sagu yang dicairkan dengan 1 sdm air matang.
7. Matikan api, masukkan minyak wijen .

Nah, kelar deh..

Kalau rata-rata orang menjadikannya sayur, anak lanang saya malah gemar menyantapnya tanpa nasi.. :)

Oh well, the choice is yours... Selamat mencoba ya...  Psst.. kalau ada jamur2 lainnya, juga enak dikombinasikan lho.. saya  malah pernah menambahkan labu siam mini untuk tumisan yang sama.. :)

Selamat makan-makan ya...


Tidak ada komentar: