Jumat, 28 April 2017

Miso Soup - or i hope we can call it that way..





Beberapa hari lalu, mas bodjo sempat mengutarakan keinginannya akan kudapan yang satu ini..
Kenapa coba saya namai kudapan? karena buat dia.. miso sup itu benar-benar penghangat yang sambil lalu saat menikmati gerimis di teras rumah..

Oh well,.. mengingat bapak komandan itu ndak bisa hanya menyantap sup semangkuk kecil.. yo wis lah ya.. mari kita turun ke dapur..

Seperti biasa, saya terbiasa memanfaatkan barang-barang yang ada,.
Mengingat miso soup ini memerlukan - miso, dan jelas hal yang saya ndak punya... yo wis... saya gunakan tauco medan yang diulek halus...

Secara aroma, lumayan mirip, meski tampilan beda jauh. Lagi pula, miso sangatlah light.. sementara tauco medan itu gagah perkasa bin nendang rasanya..

Nah.. untuk sup miso yang light dan mendayu-dayu di mulut itu.. resep saya seperti di bawah ini.. :

Bahan-bahan :

2 lter kaldu ayam
3 sdm tauco medan - diulek halus
1 sdt lada
1 sdt garam
1 sdm gula
2 balok tahu sutra - dipotong kotak
2 sdm minyak wijen
1 cm jahe keprek
4 siung bawang putih
3 batang daun bawang - iris tipis
2 batang daun bawang - keprek

Cara membuat  :
1. Didihkan kaldu, lalu masukkan ulekan tauco medan, lada, garam, gula, jahe dan bawang putih keprek.
2. Setelah mendidih, kecilkan api - biarkan terus mendidih sampai kurang lebih 30 menit
3. Masukkan minyak wijen, daun bawang keprek dan tahu sutra
4. Setelah mendidih, biarkan 10 menit dengan api kecil.
5. Matikan api, bisa dinikmati dengan wakame (yg saat itu, lagi2 saya skip karena ndak punya stock).
6. Sajikan hangat, dengan taburan irisan daun bawang dan bawang putih goreng (sesuai selera)

Nah.. gampang kan?
Saat itu, semangkuk saya nikmati beserta irisan cabe rawit (gak Jepun banget).. Dinikmati bersama anak2 lucuk dirumah...

Jadi? Siapa bilang memasak itu sulit?
Selamat mencoba ya..


Tidak ada komentar: