Sabtu, 29 Mei 2010

Rendang ayam a'la Dapur Kirana



Menepati janji pada diri sendiri.. bahwa weekend berarti waktunya turun ke dapur dan inspeksi freezer..

Knapa inspeksi freezer? Hal yang penting dilakukan sebelum belanja poultry.. a.k.a daging-dagingan..

Setelah dibongkar.. ternyata masi ada 2 ekor ayam, satu plastik ikan bandeng, 1 plastik lele, otak2 ikan dan bakso jepun..

Lele dan bandengbaru dibeli kemaren .. jadi.. saya memutuskan untuk memasak hidangan berbahan ayam.. Setelah menimbang-nimbang, saya coba bikin rendang ayam aja dhe...

Btw.. rencana semua adalah ayam masak tom yum .. (lain kali ya guyz.. ), karena keterbatasan bahan.. yaa.. yang gampang aja..

Buat yang mau coba.. ini saya sertakan resepnya :

Bahan2 :

1 ekor ayam - uk sedang, saya potong 12..
1/4 kg kentang - dikupas dipotong sesuai selera

Bumbu2 :
3 bawang putih
5 bawang merah
8 cabai rawit merah
1 ruas jahe
1 ruas laos
2 serai
2 daun salam
2 daun jeruk
1 lbr daun kunyit
4 cengkeh
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sdm gula
4 sdm kelapa sangrai
garam sesuai selera

Cara membuat :
1. Didihkan 250 ml air, beri jahe keprek dan 1/4 sdt garam.
2. Masukkan Ayam.
3. Tumis bumbu2 sampai harum.. masukkan ke dalam rebusan ayam... beri santan kental..
4. Setelah air tinggal setengah, masukkan kentang yang sudah digoreng.. tunggu sampai lebih kental.. tambahkan kelapa sangrai.. setelah agak menghitam.. matikan api, angkat..

Biasanya enak dimakan dengan nasi hangat.. plus lalapan.. - itu mah selera saya aja :)

Tidak ada komentar: