Minggu, 19 September 2010

Kawista - another rare fruit..



Pagi tadi.. saya iseng2 buka facebook.. eh.. ada upload foto dari salah seorang temen baik yang mengunjungi mertuanya di Dhaka..

Di postingan dia.. ada fotonya saat belanja kepasar.. dimana terdapat hamparan 'wood apple'.. Ngeliat penampakan si 'wood apple'.. lha kok kayak kawista yaaa..

Penasaran dooongg.. as always.. akhirnya i did some search and blogwalking.. and I turn out to be right.. Kawista ya nama lokal.. nama luarnya ya kuwi.. 'wood apple'...

Berikut penjelasan yang diambil dari wikipedia Indonesia :

Buah kawista
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Limonia
L.
Spesies: L. acidissima
Nama binomial
Limonia acidissima
L.
Kawista (Limonia acidissima syn. Feronia limonia) adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya. Kawista relatif tahan kondisi buruk (kering atau tanah salin) dan tahan penyakit. Asalnya adalah dari India selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.

Kawista dapat digunakan sebagai batang bawah bagi jeruk, namun mempengaruhi rasa buah jeruk yang dihasilkan. Buah jeruk semacam ini dikenal sebagai "kajer" (dari "kawista" dan "jeruk") dan bisa ditemui di Galis, Madura. Di Kabupaten Rembang dikembangkan sirup kawista. Orang Jawa menyebutnya kawis.

Hmm.. jadi inget alm papa kalo ngomongin beliau.. keberaniannya mencoba makanan aneh2 rupanya menurun ke saya.. hehehe..

For me.. as long as its taken from plant, i'll go for it.. kalo hewani.. pasti gw masih mikir-mikir dhee.. Jujur.. sampe sekarang,, yg belum pernah ta' coba yaa selai kawista itu.. Jadi penasaran dhe..

Can you imagine.. kalau saat ini buah tersebut jadi sangat langka.. Kenapa belum ada yang tertarik buat buka perkebunan kawista yaa??


2 komentar:

alamendah mengatakan...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Wow kawis atau kawista, saya suka banget buah ini.
Kebetulan saya punya artikel sejenis, baca: http://alamendah.wordpress.com/2010/02/08/pohon-kawista-kawis-yang-kurang-populer/

OOT: Fasilitas berkomentar sebagai Name/URL kok tidak diaktifkan, sih?

theparitranas.blogspot.om mengatakan...

Mas Alam,
tq for visiting..
makanya saya suka baca blog njenengan..wong isinya ilmu kabeh je'..

btw.. ajarin dunk gmana caranya ngaktif-in.. diriku gaptek puoll neh..